Monday, March 21, 2016

Belitung - Day 2

Hari ini, rencananya adalah hopping island!! Buat yang belum tau, hopping island itu apa jadi ini tuh semacam wisata menjelajah pulau-pulau yang ada di Belitung, dari pagi sampe sore. Sampe gosong :( hahaha tapi sekali lagi, worth it!!!

Dimulai dari jam 08.00 kita langsung menuju Tanjung Kelayang. Jadi inilah titik start nya. Disini sebnernya udah banyak berjejer perahu-perahu serta mas-masnya. Kita belum tau mau pilih siapa buat anterin Hopping island, lalu ada yang samperin. Namanya Mas James. Mas nya kasih harga 450ribu + 50 untuk pelampung + kacamata untuk snorkeling. Hmmm Nah sebenernya satu perahu itu muat sekitar 10 orang. Kebayang kan hematnya kalo ber-10? HAHHAHAHAH Yasudah apaboleh buat, kita cuma 2 orang jadi..... keitungnya mahal.

Terus cerita-cerita sama Mas James nya, ternyata, katanya doi lah yang jadi guidenya Denny Sumargo dan  Dion Wiyoko saat syuting My Trip My Adventure. Woh sooo lucky we are! :))))

Ternyata dari tanjung kelayang, kita naik motor dulu. Gak langsung disana. Lalu Hopping Island dimulai!! Arusnya gak terlalu tinggi, jadi saya masih berani hahaha secara dulu pernah naik perahu di pangandaran dengan arus yg guedeee banget dan jadi takut :(

Pulau Lengkuas

Tempat pertama adalah...... pulau lengkuas, ituloh yang terkenal dengan Mercusuarnya... Nyampe sana, excited banget!!! Karena dreams come trueeee hahahaha ini toh yang dilihat selama ini di tv. Tapi....sayang sekali mercusuarnya sedang di renovasi jadi... ga bisa naik ke lantai 18 nya. Udah ngebayangin pasti indah banget. tapi...... yaudahlah gimana lagi...

Airnya jernih banget, cuy!

Lalu kita agak lama di pulau lengkuas, dari foto-foto, sampe bosen mau ngapain lagi hahaha Mas James lalu bawa kita snorkeling yeayyy!! Ini pengalaman pertama snorkeling kuuu, sampe-sampe kejepit tangga perahunya dan berdarah tapi... ya bodo amat lah yang penting seneng-seneng ae. Hahahahaha

Melihat keindahan bawah laut, yang MasyaAllah indaaah banget. Liat ikan-ikan dan terumbu karang yang super coool!!

Lalu hopping island dilanjutkan ke Pulau Babi-Pulau Batu Berlayar-Pulau Kepayang-Pulau Pasir

Btw. Lagi-lagi kurang beruntung, biasanya pulau pasir kalo lagi rada surut gitu keliatan pasir yang menjorok ke daratan diantara lautan dan biasanya banyak bintang laut disana, tapi berhubung lagi dalem airnya... jadi gak liat deh :(

Main-main dipulau sampe gosong. Gosong banget malah. Sampe lupa daratan karena main di lautan mulu :))))) Jadi diputuskan lah pulang kembali ke asal. Dari jam 10-4 sore di lautan...

Bersama Mas James :))

Setelah Puas berkeliling, kita cari pemandian gitu. Banyak kok di daerah pantainya. Lalu mandi dan cari makanan......seafood!!!

Kita pesen tumis kangkung, ikan (lupa namanya), dan cumi serta es kelapa. Dan porsinya buanyaaaak banget dan habis. Karena kecapean setelah seharian di laut hahaha

FYI rumah makannya gak jauh dari tanjung kelayang, sorry lupa nama RM nya. Hehe

Dan setelah makan, cus balik ke hotel. Dan ditengah perjalanan..............ban nya bocor.
Lalu dorong motor gantian, yang satu jalan-yang satu dorong motor. Sampe pada akhirnya menemukan sekelompok bapak-bapak lagi ngumpul. Lalu Gina nanya,
"Pak, tukang tambal ban dimana ya?"
Terus tiba-tiba seseorang dari mereka, dateng dan menghampiri langsung dengan motornya, ternyata, kita gantian. Motornya bapaknya dikasiin ke kita, dan motor kita yang bocor bannya, bapaknya yang bawain sampe ke tukang tambal ban. Sebenernya beliau ngomong beberapa kata dengan bahasa belitung yang kita ga ngerti artinya. Mana logat nya itu cepet banget ngomongnya, makin aja gak ngerti hahahahaha

Intinya dibawalah ke bengkel motor tsb, orang disana jujur banget dan baikkkk sekaliiiii. sampe ditelponin pegawai hotelnya karena ternyataaaa pegawai hotel yang kita rental motornya adalah temennya si bapak hahaha yaampun!!

Terus bapaknya ngobrol sama orang bengkel di tambal ban, yang kita bedua tangkep sih kurang lebih ngomong "Ini anak berdua nekat, gak punya siapa-siapa di Belitung, dan mereka nekat aja jalan-jalan berdua" ya intinya ngomong gitulah haha ya kita cuma bisa ketawa aja orang ngomong nekat. Akhirnya singkat cerita kita pamit sama orang bengkel dan bapak yang tadi bantuin kita. Akhirnyaaaaa sampe juga ya ke hotel, dan kita minta ganti motor atas anjuran bapak nya juga..

Lalu bobok siap-siap hari ke-3

Biaya hari ke-2 :

Perahu : Rp 500.000 : 2 = Rp 250.000,-
Seafood : Rp 180.000 : 2 = Rp 90.0000,-
Bensin : Rp 36.000 : 2 = Rp 18.000,-
Tambal Ban : Rp 35.000 : 2 = Rp 17.500,-

Total : Rp 375.000,-

FYI, Bensin ini bermacam-macam harganya, karena kita beli di eceran gitu di pinggiran jalan. Jangan khawatir, asli kok bensinnya :))))) karena keterbatasan SPBU jadi SPBU hanya terdapat di kota aja itupun dikit jumlahnya