Monday, March 21, 2016

Itinerary to Belitung - Day 1

Hai! Akhirnya sempetin blog tentang perjalanan kemarin ke Belitung. Karena banyak yang tanya juga, jadi saya buatkan itinerary nya ya. Hehe



Jadi saya dan Gina, merencanakan perjalanan ke Belitung ini jauh-jauh hari. Dari setahun lalu, karena merasa bersalah tahun lalu ga punya duit buat jalan-jalan hahahaha. Tahun pertama di FK, kita pilih Jogjakarta untuk jadi tujuan kita. Lalu tahun kedua, kita.............gak punya uang yang mencukupi, jadi hanya jalan-jalan di Jakarta aja muter-muter seharian. Berkaca dari tahun lalu, maka tahun ke-3 di FK, maka dipilihlah Belitung sebagai tujuan liburan kami.

Perjalanan ke Belitung bukan hal yang mudah, kita nabung selama setahun. Dan sempet pesimis karena uang ku tidak mencukupi (lagi-lagi) sedangkan Gina udah punya uangnya. Akhirnya saya putuskan untuk berjualan vektor ilustrasi di @Howsproject sampai akhirnya uang mencukupi. Hehehe Alhamdulillah selalu ada jalan. 

Kita pesen tiket di Traveloka karena terhitung lebih murah, dapet 780ribu PP Jakarta-Tanjung Pandan. Murah kan? Oiya tips nya, cek harga tiket 1-2minggu sebelum keberangkatan biar harganya murah dan langsung pesen tiket Pulang-Pergi.

Lalu tiba-lah hari H, kita janjian di pool Primajasa Batununggal, Bandung. Dan hampir...............ketinggalan busnya. Too much drama HAHAHA dimulai dari ban bocor pas dianter ke batununggal, dan Gina yang belum sampe juga padahal H-5 menit keberangkatan Primjas :( sempet pesimis yaudahlah kalo dia telat... aku sendiri berangkat busnya..

Singkat cerita, Gina dan saya sampai di Soetta jam setengah 3 sedangkan flight jam setengah 7. Kita bingung mau ngapain, tidur juga ga bisa. Nunggu lah kita di pelataran soetta sampai gate check-in di buka.



07.30 : Kita sampai di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin. Lalu kita tunggu bagasi dan cari taxi. Sampai ada akhirnya bapak-bapak yang tawarin kita dengan harga 70rb ke hotel Surya. 
FYI Hotel Surya ini cocok untuk backpacker-an seperti kita, dan range harga nya 100-200(kalo ga salah). Kita pilih yang 100rb. jadi 50rb/malemnya karena dibagi 2. x 3 hari. Dan letak hotel Surya ada di tengah kota Tanjung Pandan, jadi mau kemana-mana gampang.



Setelah itu kita sewa motor, harganya 75rb/harinya tapi kita tawar jadi 60rb karena kita pake 3hari.

Hari pertama, kita pilih untuk eksplore daerah Manggar. Dari mulai di stop polisi karena entah kenapa :( sampe polisinya pun senyum karena tau kita dari Bandung hahaha. Manggar itu ternyata daerah Belitung timur, dan jaooooooooooooh banget dari kota tanjung pandan, sekitar 40km. Dari mulai jalanan sepi-sampe sepi banget, cuma rumah warga yang jarang-jarang, tandus, kering... sampe-sampe yang diboncengnya ngantuk. Bukan yang nyetirnya loh. Jadi setiap yang nyetir ngerasa yang diboncengnya jeduk-jedukin helm (karena bobo) kita gantian nyetir.

Salah satu pemandangan di sekitar Jalanan

Lalu perjalanan sampai manggar kita pengen cari warkop. Katanya Manggar itu 1001 warkop. Sampai disana diluar ekspektasi, ternyata tutup semua. Kebayangnya sih ngopi-ngopi lucu ala-ala, akhirnya malah ke RM Padang karena gak kuat lapar... Lalu kita lanjutkan ke Museum Kata Andrea Hirata.

Museum ini lucu banget parah! Dan betah banget. Warna-warni dekorasinya, dan terpajang juga macem-macem buku terbitan Laskar Pelangi dalam berbagai versi dan bahasa. Apalagi yang suka sama sastra pasti betah banget disini hehehe. Dan kita sempetin solat dzuhur didepan museumnya.


 


Anak-anak Manggar :)

Lanjut setelah itu kita cari SD Muhammadiyah Gantong, tempat tersohor dari film Laskar Pelangi, dan kita semua pake waze untuk nemuinnya. Akhirnyaaa!! Bahagia banget nemu tempatnya. Dan seperti biasa sepi ahahaha.


 

  

Lalu setelah itu kita ga lama-lama disana, karena mengingat perjalanan yang sangat jauuuuh, dan takut kemaleman, jadi kita putuskan untuk pulang. Lalu menuju pelabuhan buat liat sunset disana. Capek semua terbayar dengan melihat indahnya pemandangan disana. Worth it lah yaaa.



Lalu kita balik ke hotel dan mandi, siap-siap ke RM Belitong Timpok Duluk dan pesen makanan khas sana, tapi sayang... saya gak cobain Gangan nya, Ikan dengan bumbu khas belitung...Dan disaat lagi enaknya makan... tiba2 mati lampu hahaha ternyata di Belitung sering banget mati lampu kalo malem hahaha ya anggep aja jadi candle light dinner ya! :p

Lalu kita balik ke Hotel Surya, dan istirahat mempersiapkan energi untuk besok!! 

Biaya :
Ojek ke Primajasa  = Rp 40.000,-
Primajasa  = Rp 115.000,-
Taxi : Rp 70.000 : 2 = Rp 35.000,-
Hotel (3hari) : Rp 3000.000 : 2 = Rp 150.000,-
Motor (3hari) : Rp 180.000 : 2 = Rp 90.000,-
Nasi Padang = RP 13.000,-
RM Belitung Timpok Duluk  = Rp 25.000,-
Bensin : Rp 48.000 : 2 = Rp 24.000,-

Total : Rp 497.000,-

FYI : Tiket masuk semuanya gratis hehe, tapi biasanya ada kotak untuk menaruh uangnya. Seikhlasnya aja :D

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...