Monday, April 28, 2014

Ratusan Mahasiswa Kedokteran Aksi Simpatik Menolak RUU Pertembakauan

Yak, inilah tugas kita sebagai Agent of Change Mahasiswa Kesehatan, merubah pola pikir masyarakat tentang rokok serta menghentikan kebiasaan merokok dari masyarakat yang sudah sangat mengganggu (menurut saya) 
Aksi ini merupakan puncak dari ISPRO 1 (ISMKI Project 1) yang diadakan di Fakultas Kedokteran UKRIDA, acaranya terdiri dari PHW Session, Bidang meeting, Bidang training dan ditutup dengan long march kampanye menolak RUU Pertembakauan di bundaran HI.

Di aksi ini, saya sebagai notulensi dari juru bicara, bertemu para wartawan, dan membuat pers release nya hehehe sebagai berikut :

Jakarta, 27 April 2014


Rancangan Undang-undang (RUU) Pertembakauan akan merusak kesehatan rakyat Indonesia jika disahkan. Oleh karena itu, Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) melakukan aksi simpatik menyerukan penolakan terhadap RUU ini. Aksi ini diikuti kurang lebih 20 institusi dan juga diikuti oleh mahasiswa kesehatan lainnya seperti Persatuan Mahasiswa Kedokteran Gigi (PSMKGI), Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI), serta mahasiswa lainnya.
RUU Pertembakauan adalah salah satu manifestasi keganjilan yang terjadi di DPR RI. Terdapat indikasi bahwa lembaga negara pembuat undang-undang ini mendapatkan titipan dari industri tembakau tanpa peduli dengan kesehatan rakyatnya. RUU Pertembakauan apabila disahkan merupakan pengkhianatan wakil rakyat kepada konstituennya.
Mahasisawa kedokteran dan mahasiswa kesehatan lain mengajak masyarakat Indonesia untuk menolak RUU Pertembakauan dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan isu pertembakauan serta menghentikan kebiasaan merokok dari masyarakat itu sendiri. Di bundaran HI mahasiwa melakukan orasi dan yel-yel dan juga diadakan booth untuk cek kesehatan disertai penyuluhan mengenai rokok.
Alhamdulillah its my first time, hehehe cukup hectic, karena tugas saya tidak itu saja tetapi sayapun diberi tugas untuk live report dari institusi serta peran saya sebagai ICT ISMKI hehehe
Semoga acara selanjutnya lebih menarik dan menantang lagi!









No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...